09 Maret 2009

RELEASE PIN BB = KICK PIN BB


Jika ingin mengganti provider (kartu simcard) pada blackberrymu, kamu harus melakukan release pin BB pada provider sebelumnya bukan?!


Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghapus pin BB kamu pada provider sebelumnya. Namanya Kick Pin Blackberry.


Untuk melakukan cara ini, kamu harus mempunyai 2 handheld blackberry (boleh pinjem BB teman kamu) dan teman kamu menggunakan layanan BIS dari provider yg sama dengan provider kamu sebelumnya (bukan provider kamu yg baru yah!!).


Langkah pertama, silahkan kamu login ke account email provider teman kamu (www.telkomsel.blackberry.com / www.xl.blackberry.com / www.indosat.blackberry.com) dari pc/laptop menggunakan username BB teman kamu.


Kemudian di account teman kamu itu pilih bagian change device, masukkan pin dan imei BB kamu. Send service book setelah itu dan tunggu beberapa menit.


Langkah ketiga, pilih lagi bagian change device pada account teman kamu dan masukkan pin dan imei BB teman kamu. Send service book lagi dan tunggu beberapa menit.


Langkah terakhir, kamu harus melakukan Wipe Handheld dari handheld BB kamu

(Menu utama > option > security options > general setting > tekan tombol menu/bb > pilih wipe handheld).


Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan atau kendala kamu bisa create new account menggunakan provider barumu.


Makanya hati-hati dalam memberikan informasi pin dan imei BB kamu. Bisa-bisa kamu dibuat bingung karena layanan push email pada handheld blackberry kamu tidak aktif dikerjai pihak yang tidak bertanggung jawab.

75 komentar:

Tips PDA mengatakan...

sip...

pum mengatakan...

blackberry saya hilang, nah apa mungkin saya memblok pin bb saya di hp itu dan menggunakan pin lama saya di hp yang baru?

Indonesia Blackberry mengatakan...

Pin bb tidak bisa dipindahkan ke handset yg lain mbak.

Trus untuk prosedur pemblokiran, kalau memang pin dan imei bb yang hilang masih terdaftar diprovider BIS mbak, silahkan datang langsung kepusat layanan center provider tsb. Mereka bisa melakukan pemblokiran.

Tapi kalau dari pin dan imei sudah direlease dari provider mbak, pemblokiran hanya bisa dilakukan oleh pihak RIM. Silahkan hubungi pihak RIM dikota mbak.

Christian Utomo mengatakan...

pak misalkan saya beli BB bekas kemudian BB tersebut sudah terdaftar di provider. Bisa tidak saya tau username dan password nya agar bisa di release dan menggunakan provider yg saya pakai?

Indonesia Blackberry mengatakan...

Tidak bisa mas.
Makanya klo maw beli BB 2nd, pastikan sudah dilakukan release pin oleh pengguna sebelumnya/pemakai pertama.
Kalau pembeliannya dilakukan di counter hp, coba konfirmasi kpd yg empunya counter.

sonny mengatakan...

mas,saya pakai provider XL,karena ada tugas kerja di australia saya bawa tanpa setting apapun waktu pergi karena kurangnya pengetahuan saya akan BB,disini saya memakai provider vodavone yang ternyata membuat fungsi BB saya sama seperti hape biasa,tidak bisa push email,bahkan ikon browser nyapun hilang,sementara saya banyak tergantung kepada bb saya untuk berkomunikasi dengan banyak pihak di indonesia. terima kasih dan mohon bantuannya.

Ouqi mengatakan...

gimana kalo ini BB gue sebelumnya dari luar (AT&T) dulu dipake sama kakak di luar negeri, sekarang diwariskan ke saya. Kan ga bisa pake cara kick pin gitu, karena provider luar gitu kan. kira-kira solusinya apa ya

Indonesia Blackberry mengatakan...

Kepada mas sony
Terlebih dahulu coba pastikan kpd provider XL mitra roaming provider mereka di negara australia itu apa, lalu pilih jaringan provider tsb pada handheld mas sonny (option > mobile network > network selection mode diganti ke manual > akan melewati proses search network > lalu pilih provider mitra roaming XL)
Tapi biasanya akan dikenakan biaya tambahan yg besarannya bisa dikonfirmasikan dengan provider XL.

Alternatif lainnya, mas sonny bisa menggunakan koneksi wifi, tentunya hanya di areal hotspot dinegara tsb.

Indonesia Blackberry mengatakan...

Kepada mas/mbak Ouqi
Utk release pin BB tetap harus konfirmasi kpd provides BISnya (provider luar negeri) oleh pengguna handheld sebelumnya krn akan dilakukan validasi data.
Atau mas/mbak bisa konfirmasi langsung dgn org pinter (baca:ahli ngoprek blackberry) utk proses reset pin BBnya.
Kurang etis rasanya klo dijelasin disini krn ini tdk direkomendasikan oleh pihak RIM.

*afaik *cmiiw

basilisk mengatakan...

pengen tanya, apakah cara kick pin ini legal atau ilegal yah ?

apakah ada batasan berapa kali bole melakukan kick pin dalam satu handheld ?

last question
misal kan di xl, musti ketik bb off sebelom kick pin atau bisa bb off setelah kick pin?

Indonesia Blackberry mengatakan...

Tidak ada pernyataan dari provider dan rim yang menyatakan kick pin ini illegal dan tidak ada juga pihak yang me-legalkan cara ini.

Yang jelas kick pin ini adalah jalan keluar kalau anda tidak ingin repot utk urusan release pin BB dgn menghubungi customer service dari provider anda dan harus melewati proses validasi data dan menunggu prosesnya berhasil.

Tidak ada batasan utk melakukan kick pin tapi semakin sering dilakukan tentunya semakin besar kemungkinan tidak berhasil.

BB spasi off adalah utk memberhentikan paket Blackberry Internet Servicenya, dan kick pin adalah proses utk release pinnya.
Sejatinya kita berhentikan paketnya dulu baru kita lakukan release pin bb. Tapi klo dilakukan sebaliknya juga tidak masalah kok :)

Rudy Lynggo mengatakan...

saya udah daftar BB ke XL, trus BB OFF tanpa rilis pin - setelah itu saya daftar BB weekly ke Indosat,kok account bb yg di XL masih bisa di pake yah di layanan BB Indosat.

Anonim mengatakan...

Mas mau tanya, saya beli bb baru dan mau pakai kartu (xL) dari bb sebelumnya tapi kok tidak bisa ya, apakah saya harus release pin bb saya sebelumnya?

Indonesia Blackberry mengatakan...

Kepada Mas Rudy
Account BB mas ga bakalan kehapus dari database provider XL klo belum melakukan release pin, accountnya bakal tetap ada dan pin BBnya terlock di provider tsb.
Nah, makanya klo terjadi kehilangan BB, BBnya tdk akan bisa digunakan untuk akses data karena pin BBnyya akan diblock oleh pihak provider dgn catatan kita lapor kehilangan ke provider.
Kalau bgitu mungkin akan terkendala di pushmailnya saja, browing tetap bisa.

Kepada Mas/Mbak Anonim
Kalau mas/mbak mengganti blackberry/handheldnya, tetapi tetap menggunakan provider yg sama, cukup login ke account BBnya via handheld or web. Setelah login, pilih bagian change device. Kemudian silahkan entry pin dan Imei BB yg baru.

Semoga bermanfaat dan membantu
CMIIW

indri mengatakan...

mas,saya mau tanya donk.saya pengguna telkomsel , sekarang saya berada di malaysia untuk 3 bulan, dan menggunakan provider malaysia( MAXIS) Sebelum nya saya tidak sempat mereleased pin saya ke telkomsel.Yang ingin saya tanyakan adalah..apakah saya musti daftar ulang lagi untuk mengaktifkan BB service saya kalau saya pulang nanti ke indonesia,dan apakah ada yg perlu diganti setting an nya? Di sini( malaysia), BB saya hanya berfungsi sebagai HP biasa,saya tidak meng utak atik setingan nya.

Planet Orange mengatakan...

Mas...saya ma tanya

Saya ada rencana mau ganti BB saya, tapi bb yang sekarang aktif ini saya lupa username utk login ke xl.blackberry.com, passwordnya ingat, karena sudah rikues ulang. Sampai sekarang saya tidak bisa login utk menambahkan atau mengurangi email ke akun saya... ada solusi gak mas, soalnya bb yang sekrang sedang saya pakai ini mau di warisin ke adik..

Indonesia Blackberry mengatakan...

Kalau mbak pelanggan kartu POSTPAID (Kartu Halo)
Status berlangganan fitur BIS akan otomatis diperpanjang / tetap aktif dan tidak perlu melakukan settingan ulang setibanya di indonesia.

Untuk kartu PREPAID (simpati / as)
Status berlangganan fitur BIS akan otomatis berhenti jika sisa pulsa tdk mencukupi.

Jika sisa pulsa mencukupi
Mbak tidak perlu melakukan perubahan settingan apapun.

Sisa pulsa tidak mencukupi dan belum terpotong pulsa
Tidak perlu melakukan perubahan settingan apapun, cukup dengan melakukan registrasi ulang (ketik : BB spasi REG dikirim ke 333)

Semoga bermanfaat dan membantu
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...

Kepada Mas/Mbak Planet Orange
Utk request kembali username dan password account BIS, silahkan request via : www.xl.blackberry.com (versi web) > pilih forgot password

Atau jika tidak ingin repot, mas/mbak bisa request username dan password melalui customer service XL via telp atau datang langsung ke galeri indosat. Siapkan data BB dan kartu anda krn akan melewati proses validasi data terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan membantu
CMIIW

Dustin mengatakan...

Permisi, numpang nanya
Aku bli bb nya d Indo
jd skrg lg d australia
Aku jg bawa sim card XL
tp di sini saya coba BB on ke 568 tidak bisa
sms nya ga bs terkirim
apa ada cara supaya bisa pakai service BlackBerry One di Australia? Makasih..

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Dustin
Untuk aktifasi fitur BIS via sms harus dilakukan di dalam negeri makanya pesan dari mas dustin tdk bisa terkirim.

Solusinya menurut saya silahkan mas telpon ke customer service XL utk request aktifasi fitur BIS langsung dari mereka dan mintalah informasi mitra roaming provider BB mereka di negara Australia, sekaligus settingan yang harus dirubah ketika berada diluar negeri.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

bb saya tidak bisa email"an..di setting emailmnya di katakan bahwa email saya di bb di suspend..karena saya mengganti sim cart dari XL ke AXIS..karna ingin mencoba internet murah itu..ternyata pakai axis lemot..jd saya kembali lagi ke XL sy yg lama..dan setelah saya ganti XL kembali, mulailah email saya tidak bisa di gunakan di bb..anehnya YM & blackberry messenger bisa di gunakan..facebook jg jd ga bisa..knp kan itu??dan bagaimana mengatasinya??

thx..

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas/Mbak Anonim

Kalau gonta-ganti provider masalahnya biasanya seperti itu (masalah pada push mail).

Jalan keluarnya coba mas/mbak login ke account BISnya di :
www.xl.blackberry.com (langsung dihandsetnya atau dari pc/laptop)
atau dari menu shortcut email setting (pada handsetnya).

Trus coba deh hapus semua email existing yg mas/mbak daftarkan. Setelah semuanya terhapus, lakukan entry ulang email existing.
Langkah terakhir lakukan send service book dari menu help.
Restart blackberry mas/mbak

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

mas, say baru wipe bb 8900 saya. saya pake xl. nah facebook saya ga bisa ngedetect e-mail. saya coba create new account juga ga bisa...karena email saya yang .....@xl.blackberry.com hilang... gmana balikinnya ya mas? help me

Indonesia Blackberry mengatakan...

klo hanya wipe handheld sih ga bakalan menghapus account mas/mbak di @xl.blackberry.com.

Silahkan buka email setting dari blackberry mas/mbak.
Trus masukin username dan password (klo lupa bisa konfirmasi ke layanan customer service XL via telp saja)
Kemudian silahkan pilih send service book dari menu help.

Langkah terakhir coba restart blackberry mas/mbak

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

Mau tanya neh. Tolong dijawab ya.
Apakah menggunakan BB BIS (layanan BB) hanya akan dikenakan biaya internetan yg Rp 5000/ hari (XL) atau juga akan dikenakan biaya GPRS? Kalo yg saya baca di webiste XL nya bila menggunakan handheld BB, maka chatting; browsing dan email sepuasnya tidak akan dikenakan biaya GPRS/3G kecuali bila menggunakan opera mini atau mengakses ke website Youtube? bukankah akses youtube juga termasuk browsing? apakah krn biasanya yg ke youtube pasti akan menikmati video streaming jadi dikenakan biaya GPRS juga? Mendingan pake fasilitas 3G unlimited dong tanpa kena biaya double walaupun video streaming?

Irwin mengatakan...

mau tanya...saya mau register email di BB langsung,,,tpi disuruh Register dulu HRTnya, waktu selesai saya register dpt email di BBnya...tpi kenapa msh aja disurh register HRTnya terus ya...sampe sekarang gitu2 mulu ....ada yg tahu nggak cara send service book melalui BB ???

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas/Mbak Anonim

Iya Rp 5000,- / hari unlimited, tdk termasuk akses web/url bersifat atau yg terkandung streaming seperti youtube,dan jika menggunakan aplikasi pihak ke-3 (opera mini). Itu ketentuan yg berlaku dari provider dan sewaktu-waktu dapat berubah.

Untuk keputusan pemilihan layanan yg diaktifkan (BIS atau 3G Unlimited), kembali lagi kepada pelanggan mas/mbak :)
Jadi kita sebagai pelanggan juga harus jeli melihat kebutuhan kita dan membandingkannya dengan ketentuan layanan.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...

SSB dari handheld BB:

- Type Curve dan type sebelumnya :
Email Setting > Login Account > Help > Send Service Book

- Diatas type curve (bold, storm dsb) :
Setup > Email Setting > Login Account > Help > Send Service Book

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

Hello, sorry. Saya ada masalah dengan blackberry bold saya juga. Dulu saya pake xl. Tapi8 Saya pengen coba service blackberrynya dari Indosat. Tp karena kurang signal di rumah, saya unregister lagi, balik lagi ke xl. Tapi pas saya udah balik ke xl, semuanya bisa tp push mail sama facebook ngak bisa. Saya udah suruh indosat release pin nya tapi tiap kali saya mau add email account saya di email setup, ngak bisa. Pasti bilangnya Blackberry internet service suspended or deactivated. Sekarang saya bingung karena skrg ngak ada push mail sama sekali, dan itu penting bagi saya. Please help.

Anonim mengatakan...

mau tanya nih, kasusnya sebenarnya ada yg sama dengan di atas, mengenai push email yang ke suspend. tetapi masalahnya saya tidak mendaftarkan email BIS nya pada kedua provider tersebut. bagaimana solusinya yah??

Indonesia Blackberry mengatakan...

Solusi akhir silahkan mbak/mas Anonim call ke customer service provider BIS pertama yg mbak/mas gunakan. Mereka bisa bantu untuk melakukan aktifasi ulang push mail yg disuspend.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas / Mbak Anonim yg pakai blackberry bold dan provider XL, jika announcementnya "suspended or deactivated" hanya bisa dibantu oleh pihak provider, dlm hal ini adalah XL. Mas / Mbak bisa menghubungi layanan call centernya XL di 817.

Semoga bermanfaat
CMIIW

boby mengatakan...

Saya mau tanya,saya sebelumnya pakai bis indosat karna pengen tes yang lain saya tdk rilis pin dulu tapi langsung unreg dan bb on ke xl,tapi sebelum unreg indosat account email saya delete dulu,setelah saya pindah kexl kok saya tdk bisa create account saya lagijawabannya your account has been suspend plese contact system administrator,sudah saya lakukan tapi mereka blg account saya blum terdaftar dixl,saya hrt jawabannya sudah,ditanya ke xl dan indosat juga katanya tdk ada pada system mereka,solusinya gimana ya agar saya bisa create account lagi,untuk layanan bb msgr bisa..thx

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Boby,
Idealnya unreg yang mas lakukan via sms hanya utk menghentikan layanan BISnya dari Indosat, bukan proses melepas pin bb mas dari server Indosat (release pin).

Solusinya coba mas pastikan dgn konfirmasi kembali ke layanan suctomer care Indosat atau dengan mengajukan permintaan release pin bb kembali ke operator Indosat via telephone saja.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
imelda mengatakan...

nanya ya mas,
saya pk bis XL sejak bln 3, tapi saya salah daftar ke telkomsel.blackberry.com dan bukan xl. anehnya tdk ada masalah. email dll tetap sy bisa terima dgn lancar.

nah sdh 2 mg ini mulai muncul masalahnya. Email dan notif FB tdk pernah lg masuk ke bb saya. sudah saya send service books berkali2 tp ttp tdk ada perubahan. malahan skrg tdk bisa lg send email dr bb, pdhl 2 mg itu msh bisa.


Skrg saya mau mencoba BIS axis, tapi tentu saya tdk bisa melakukan pendaftaran baru karena PIN saya msh terdaftar di provider sblmnya.

Bisa dibantu mas, saya bagusnya ngapain skrg? tq

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mbak Imelda
Agar bisa registrasi new account pd provider Axis, mbak harus melakukan release pin BB terlebih dahulu.
Coba deh hubungi layanan customer servicenya XL (817) dan Tsel (111 / 116) utk request release pin BB.
Pin BB mbak mungkin terdaftar disalah satu provider tsb.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

ini bb yg 1 hrs 1 provider or bisa mnggunakan provider yg laen??

Indonesia Blackberry mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas/Mbak Anonim
Iya, pin BBnya hanya bisa terdaftar di 1 prov.
Kalau didaftarkan pada prov lain lagi, biasanya akan timbul masalah pada layanan pushmailnya.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

ikut nanya ni Mas,

saya sudah setting email saya di indosat blackberry, saat ingin setting email via handheld kok selalu ada tulisan kalau username n password saya salah ya? padahal kalau log-in via pc bisa. gimana nih solusinya? makasih sebelumnya..

Indonesia Blackberry mengatakan...

Coba hapus cookies browsernya mas/mbak lalu coba login via handheld kembali.

Semoga bermanfaat
CMIIW

bacho mengatakan...

nanya mas....
saya mau mengganti bb/hh saya tp tetap memakai provider yg sama, apa yg harus saya lakukan????trus untuk bb/hh lama saya rencana mau dijual aja, yg mau saya tanyakan langkah2 apa yg harus saya lakukan untuk bb/hh lama saya supaya tetap bisa dipakai nanti oleh calon pembelinya????

terima kasih sebelumnya,,,,

regards,,,

Anonim mengatakan...

Mohon pencerahan...
Kalo saya mau ganti HH BB saya dengan HH BB yang baru apa saja yang mesti dilakukan baik pada HH baru maupun HH lama (dengan opertaor yang sama) ? Rencana HH lama akan dipakai saudara dengan operator yang sama dengan saya. Apa yang harus dilakukan saudara saya?
Trims

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas / mbak Anonim
Silahkan mas/mbak login ke account BISnya (bisa langsung di BB yg lama melalui icon menu Email setup ataupun melalui PC / Laptop dgn membuka web www.namaprovidernya.blackberry.com)
Setelah berhasil login, silahkan masuk kepilihan change device dan masukkan pin dan imei yg baru.
Langkah terakhir, pilih bagian help dan send service book.

Hal yang sama dilakukan oleh saudaranya mas/mbak anonim.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Bacho
Silahkan mas login ke account BISnya (bisa langsung di BB yg lama melalui icon menu Email setup ataupun melalui PC / Laptop dgn membuka web www.namaprovidernya.blackberry.com)
Setelah berhasil login, silahkan masuk kepilihan change device dan masukkan pin dan imei yg baru.
Langkah terakhir, pilih bagian help dan send service book.

Utk BB yang dijual, mas call saja ke layanan customer service provider yang mas gunakan dan request release pin BB yg lama.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

Saya beli BB second yang dulunya pakai XL. Sekarang saya pakai provider telkomsel. Pakai provider baru telkomsel semuanya sudah jalan, tetapi kenapa saya masih menerima email dari pengguna sebelumnya. Gima caranya supaya nggak nerima lagi email pengguna sebelumnya?

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas / Mbak Anonim

Normalnya kalau release pin BB sudah dilakukan pd provider sebelumnya, email dari alamat sebelumnya tdk akan diterima lagi.

Coba deh mas / mbak konfirmasi lagi pada prov sebelumnya apakah release pin BB sudah berhasil dilakukan.

Semoga bermanfaat
CMIIW

indra mengatakan...

Mas IB, saya mau ganti nomer axis saya dengan nomer axis lain,
Apakah saya perlu melakukan proses kickpin seperti artikel
Di atas? Apa saja langkah yang perlu saya lakukan? Thx sebelumnya..

Anonim mengatakan...

dear Indonesia Blackberry, saya mau tanya, saya pengguna BB curve 8310, sebelumnya saya memakai kartu m3, lalu saya ingin beralih menggunakan kartu XL, anehnya mengapa setiap saya memasukan kartu XL saya itu, BB saya tidak bisa menyala, lalu saya tanyakan kepada CS m3 untuk mereleased pin, dan phak CS m3 berkata bahwa status sudah ter released, CS tersebut menyalahkan bahwa BB saya yang bermasalah, kalau memang iya BB saya yang bermasalah, tolong beritahu saya yah. terimakasih..
regards,

Melly

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas / Mbak Indra

Tidak perlu melakukan tindakan diatas
Yang harus dilakukan, silahkan mas / mbak login di accountnya (www.axis.blackberry.com), pilih help lalu send service book.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas / Mbak Anonim

Jika sudah berhasil dilakukan release pin oleh pihak m* itu berarti sudah tidak ada hubungannya dgn prov tsb.

Coba mas / mbak pastikan kembali dgn konfirmasi ke cust care-nya X* apakah sudah tidak ada masalah dgn layanannya. Kalau memang pin BBnya masih terdaftar di prov sblumnya, idealnya mereka (pihak X*) juga akan bisa mengetahuinya.

Saya sarankan mas / mbak coba hubungi pihak cust care X*-nya saja utk menanyakan kendalanya dimana.

Untuk pengecekan pin dan imei BB Legal silahkan periksa disini :
http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr
Untuk pengecekan pin BB apakah dikloning silahkan konfirmasi ke prov layanan BIS yg sedang digunakan.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

ramadhan
MAS IB, mau nanya nih, username dan password bis indosat saya lupa, gimana caranya yaa solusi donk, saya mau ganti email nihh d bb saya trsebut
thanks

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Ramadhan

Solusinya mas hubungi aja layanan customer care-nya indos*t, request username dan password account BISnya mas.

Atau login di : www.indosat.blackberry.com/
Pilih bagian forgot password dan silahkan masukkan username atau PIN BB mas.
Konfirmasi username dan password akan dikirimkan via message ke handheld dgn PIN ybs langsung.

Semoga bermanfaat
CMIIW

robin mengatakan...

permisi nanya nih, saya kan pake bis xl, trus saya ganti ke axis.. saya uda release pin ke cs'nya xl.. saya uda pake axis, nda ada masalah, tp push emailnya kok nda bisa yah.. saya tdk bisa create di email setting, akhirnya saya buat lewat pc dan sukses.. tp trus saya log in di bb saya kok username/password invalid/error yah.. padahal di pc bisa.... terima kasih

brekele mengatakan...

dear IB, klo Wipe Handheld, yang hilang apa aja? semua contact bbm, phone number, aplikasi2 download hilang semua? lalu taunya pin kita udah dirilis dari mana? thank youu..

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Robin

Coba dihapus dulu cookies dan cache browser, dari menu :
Browser > Keypad BB/option > Option > Cahce Operations > Clear semua.

Kemudian restart BBnya dan buka menu email setting. Masukkan username dan password account BBnya.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas brekele

Data yg hilang adalah semua data yg tersimpan pada memory hp.

Kalau sudah tidak bisa login di account BBnya/email setting, itu berarti pin BBnya sudah dilepas/direlease.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Eka R.Kabul mengatakan...

Mohon bantuan, awalnya sy menggunakan axis blackberry dgn handheld Curve Gemini 8250 lalu handheld berikut nomernya sy jual ke teman, sebelumnya dijual sy buat backup data hendheld di laptop, kemudian sy membeli handheld yg baru yg lbh murah Curve 8310 dan menggunakan telkomsel blackberry dan dgn data backup yg ada di laptop sy restore di handheld yg baru. Masalahnya adalah :
1. account email sy yg menggunakan account axis.blackberry.com msh ada di hendheld yg baru walaupun sy sdh menggunakan provider yg lain (telkomsel). Bgm cara menghapusnya ?
2. Jika sy melakukan chat dgn blackberry messenger ternhyata chating sy masuk juga ke handheld yg lama yg sekarang dipakai oleh teman sy. Bgm solusinya ?

Terimakasih. (Jika berkenan mohon jawaban diemail ke ekaerka@gmail.com)

olliez mengatakan...

dear IB, saat ini saya menggunakan bb gemini. saya ingin mengganti kartu dari provider indosat ke axis. apakah untuk release pim ke indosat saya harus datang ke indosat center atau cukup menelepon customer service nya saja? thx untuk jawabannya

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mbak Olliez

Tidak perlu repot mbak, cukup call customer servicenya :)

Semoga bermanfaat
CMIIW

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Eka R.Kabul

Utk solusi masalah 1 tersebut diatas, mas silahkan buka menu email setting > silahkan pilih create new account > masukkan pin &Imei Bb yg baru > isi username dan password yg mas inginkan

Setelah berhasil login, silahkan mas daftarkan kembali email existing yg ingin di-push ke BB (max 10 account email). Masukkan email (contoh@yahoo.com) dan password email yahoo tsb.
Setelah kesemua email existing sudah mas daftarkan, pilihlah menu help dan pilih send service book.

Last, silahkan restart new BB mas.
Kalau masih terkendala, bisa hubungi 116/111 dari kartu telkomsel mas agar di trace langsung oleh pihak telkomsel.

Case yg kedua, mas harus invite kembali pin BB teman2 mas dari new BBnya.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

mas bantu saya cari solusinya ya, tolong sangat ni mas..saya beli gemini second tapi gak tau provider yg lama nya..ada solusi lain untuk kick pin?apa bisa di coba2?
trimakasih atas jawabanya..

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas/Mbak Anonim

bisa PM saia di ccmdn362@gmail.com
sertakan data pin BB mas/mbak yah

chocochicka mengatakan...

Duh, CS-nya IM3 ga ada yang bisa dicall untuk release PIN ya? Apa mesti langsung ke Galery Indosat? Ada cara lain ga selain kesana atau cara 2 handset itu?

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mbak chika

Afaik cuma itu solusinya mbak. Kalau memang cust care-nya tdk bisa di call, boleh langsung kegalerinya aja.

Semoga bermanfaat
CMIIW

Anonim mengatakan...

keadaan saya kaya gini:
1.awalnya ini bb mama saya, yg diturunkan ke saya,
2.mama saya menggunakan provider telkomsel pada bb ini, dan berdasarkan ceritanya bisnya udah di off, tapi pinnya sepertinya belum di realease.
3.sekarang bb sudah disaya, dan saya menggunakan indosat,
4.tanpa mengerti tentang masalah realese pin ini saya langsung saja daftar berlangganan layanan bb indosat dan juga daftar di bisnya indosat.

pertanyaannya:
1.apakah bb saya akan berjalan normal2 saja tanpa harus merealese pin yang didapat dari telkomsel sedangkan saya mendaftarkan layanan bb indosat dan BISnya indosat.
2.ada pengaruhnya ga dengan apa yg saya lakukan dengan kerja bb saya?? soalnya saya baru mengenal bb, jadi belum tau kalo benernya kaya apa dan kalo salahnya kaya apa. hm
3.saat mau browsing muncul tulisan "this is a wi-fi service. please ensure your device has an active wi-fi conection and try again", saya dapet solusi dari teman saya dengan cara "browser->bb option->option->browser configuration, disitu saya disuruh untuk mengganti browser : hot spot browser jadi mobile network browser (saya sedikit lupa)
tapi yang jadi masalah adalah di situ tidak terdapat pilihan lain selain hot spot browser"
harus gimana saya??

terakhir bedanya EDGE sama GPRS apa ya??
mohon bantuannya..terimakasih

ttd shaka

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Shaka,

1. Kejadian sperti ini sering terjadi dan ini case. Biasanya memang pada awal penggunaan belum ada masalah, khusus utk layanan browsing dan chatting. Tetapi utk layanan pushmail akan terkendala. Setelah beberapa hari/minggu setelah server dari provider melakukan update device (teknisnya), biasanya akan terjadi kendala utk semua layanan. Saya sarankan mas Shaka segera melakukan release pin BB ke provider sebelumnya (tsel).

2. Tidak berpengaruh tetapi lama2 akan terkendala utk semua jenis layanan.

3. "this is a wi-fi service,...." itu artinya mas menggunakan settingan browser dgn koneksi wifi. Ini bisa digunakan jika mas sudah terkoneksi ke penyelia wifi. Sedangkan jika menggunakan layanan provider (isat) BIS (Blackberry Internet Service), seharusnya pada browser configurationnya terpilih : internet browser". Jika pilihan itu tdk ada, silahkan mas Shaka lakukan wipe handheld (all data ini internal memory&application will be loss, back up before u do it)) dari menu : option > security option > bb option > wipe handheld.

Dan kalau belum ada juga, mas shaka bisa melakukan install ulang os/firmware BB. Tentunya ini mas lakukan jikalau mas sudah yakin tidak ada masalah dengan registrasi layanan provider BIS (sudah daftar paket BB dan sudah memastikan paket tsb termasuk paket unlimited browsing)

GPRS dan EDGE itu adalah tingkatan teknologi networknya. Tingkatan lengkapnya sbb :
GPRS = 2G
EDGE = 2,5G
WCDMA = 3G
HSDPA = 3,5G

CMIIW
Semoga membantu...

shaka mengatakan...

terima kasih untuk jawabannya..

mau lanjut bertanya nih,

kalo keadaannya begini: saya tidak memegang nomer (sim) kartu tsel dimana kartu ini kartu yang lama, sekarang saya pake isat.
1. bisa ga saya merealese pin pada bb ini (yang di set saat menggunakan tsel), tanpa kartu tselnya terpasang, dimana saya pakai kartu isat.
2. tandanya pin BB sudah direalese itu apa??
3. cari merealese pin bb untuk tsel itu menghubungi kemana ya??

untuk yang Browsernya:
saya menggunakan paket Bislite yang perbulan 55rb apa itu berpengaruh pada tidak adanya pilihan "internet browser" pada "browser configuration"

saya juga mengalami kendala saat menkoneksikan bb saya ke laptop saya, sering tidak terdetect, dan harus direstart dulu dengan bb tersambung ke laptop,

saat saya ingin mengupdate destop manager saya, muncul notifikasi error dan tidak dapat di update. apa solusinya ya??

terima kasih sekali lagi mohon bantuannya ya..

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Shaka

1 Utk melakukan release pin BBnya, silahkan mas serahkan kpd ibu mas Shaka, sarankan ibu utk menghubungi ke 116/111 (operator tsel) utk request release pin BB krn akan dilakukan validasi data pelanggan pengguna BB sebelumnya (ibu mas Raha). Jangan lupa berikan pin BB imei BB yg ingin direlease kpd ibu mas Shaka. Tidak perlu kartu ibu aktif di BBnya.
2. Kalau pin BB sudah direlease, pin BB tsb bisa kita daftarkan utk membuat account BB baru (di : www.providerygdigunakan.blackberry.com).
3. Di jawaban no 1
4. Afaik, paket Bis Lite hanya mendapatkan layanan chatting dengan pushmail. Layanan browsing terlock, makanya pilihan internet browser" tdk ada.
5. Utk masalah BB tdk terdetect oleh compi/laptop, jalan keluarnya silahkan mas Rhaka upgrade os/firmware dari BBnya. Bisa dilakukan sendiri dari aplikasi Blackberry Desktop Manager+koneksi internet. Atau juga bisa menggunakan fasilitas upgrade yg tersedia di counter2 BB.
6. Case yg terakhir, saya sarankan mas coba uninstall saja BDMnya dan silahkan download source BDM yg ter-update

Semoga berguna
Terimakasih...

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Shaka

1 Utk melakukan release pin BBnya, silahkan mas serahkan kpd ibu mas Shaka, sarankan ibu utk menghubungi ke 116/111 (operator tsel) utk request release pin BB krn akan dilakukan validasi data pelanggan pengguna BB sebelumnya (ibu mas Raha). Jangan lupa berikan pin BB imei BB yg ingin direlease kpd ibu mas Shaka. Tidak perlu kartu ibu aktif di BBnya.
2. Kalau pin BB sudah direlease, pin BB tsb bisa kita daftarkan utk membuat account BB baru (di : www.providerygdigunakan.blackberry.com).
3. Di jawaban no 1
4. Afaik, paket Bis Lite hanya mendapatkan layanan chatting dengan pushmail. Layanan browsing terlock, makanya pilihan internet browser" tdk ada.
5. Utk masalah BB tdk terdetect oleh compi/laptop, jalan keluarnya silahkan mas Rhaka upgrade os/firmware dari BBnya. Bisa dilakukan sendiri dari aplikasi Blackberry Desktop Manager+koneksi internet. Atau juga bisa menggunakan fasilitas upgrade yg tersedia di counter2 BB.
6. Case yg terakhir, saya sarankan mas coba uninstall saja BDMnya dan silahkan download source BDM yg ter-update

Semoga berguna
Terimakasih...

Anonim mengatakan...

Om IB,mo nanya nih, saya beli BB 8520 baru,bundlingan telkomsel, saya aktifkan BIS cuman dari *303# itupun yang harian.saya tidak buat account di telkomsel.blackberry.com, setelah saya unreg, apakah pin tersebut sudah release dari telkomsel?
pernah saya coba masukin PIN di www.blackbery.com yang 'forgot pasworrd' dlm kondisi BIS tdk aktif, ada balasan ke BB saya dari BIS bahwa " username and password don't exist.please use your device to access BIS" apakah ini artinya PIN saya sudah release.

thanks.

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas/Mbak Anonim

Pin BB Mas/mbak belum release, silahkan hubungi cust care tsel utk prosesnya.

Semoga berguna
Terimakasih...

shaka mengatakan...

kalo mau realese PIN dari Indosat telpnya kemana ya??
thx mas/mba BI :)

Indonesia Blackberry mengatakan...

Mas Shaka

Via
IM3 Dial 300 (Free)
Mentari Dial 222 (Free)
Matrix & StarOne Dial 111 (Free
PSTN 021 5438 8888 (charge)

Semoga berguna
Terimakasih...

Poskan Komentar